Social Icons

Jumat, 31 Januari 2014

Membuat Logo Ubuntu Dengan Photoshop

Kembali lagi - bagi tutor buat semua pengunjung ilmugrafis.com , kalau kemarin tutor saya tentang efek foto kali ini saya mau bagi tutorial yang lebih fresh sedikit, yaitu membuat logo yang mungkin diantara kita udah familiar banget dengan logonya.. Yups.. tutor kita kali ini ialah membuat logo sebuah system operasi Linux yang bisa dibilang penggunanya sudah mulai banyak memakainya,Ubuntu. Mungkin bagi teman - teman semua pasti masih ada yang belum pernah lihat logo Ubuntu ne saya perlihatkan hasil contohnya.
logo ubuntu
image : Logo Ubuntu
Berhubung karena sistem operasi ini memang belum setenar Windows keluaran Microsoft dan Mac keluaran Apple jadi masih banyak para pengguna yang belum mau beralih memakai ini. Tapi gak apa - apa sebagai bentuk apresiasi buat penemu ama penggunanya gak ada salahnya donk kita buat logonya. Ok cukup intermezonya,
Langsung aja ini dia Cara Membuat Logo Ubuntu nya :
1. Buka Photoshop kamu versi berapa aja karena tutor kita ini akan bekerja di semua versi Photoshop (Nb: Disini saya memakai Photoshop Versi CS3).
2. Jika Photoshop sudah terbuka buka lembar kerja baru dengan tekan Ctrl + N atau Pilih File kemudian pilih Open. Atur lembar kerja dengan ukuran sebagai berikut.
ubuntu-1
3. Jika Lembar kerja sudah terbuka pilih Ecliptical Marquee Tool pada menu Toolbox kemudian gambar lingkaran tepat di tengah2 lembar kerja. Untuk warna kamu bisa ganti warna Foreground kamu terlebih dahulu menjadi warna apa saja.
(Nb: Agar lingkaran terlihat lebih sempurna sampai tekan Shift pada keyboard saat kamu drag lingkarannya).
ubuntu-2
Untuk menghilangkan seleksi tekan Ctrl +D. Langkah selanjutnya pilih lagi Eliptical Marquee Tool kemudian gambar kembali lingkaran namun kali ini posisinya tepat ditengah2 lingkaran yang pertama kali kita buat tadi.
ubuntu-3
4. Tekan Del pada Keyboard untuk menghapus bagian tengah lingkaran maka kita mendapatkan lingkaran yang pertama tadi telah berlubang di tengah. Tekan Ctrl + D untuk menghilangkan seleksinya.
ubuntu-4
5. Pilih Polygonal Lasoo Tool pada menu Toolbox kemudian buat seleksi seperti gambar di bawah ini.
ubuntu-5
6. Tekan Ctrl + X untuk memotong hasil seleksi kemudian tekan Ctrl + V untuk mempastenya kembali maka di palet layer akan terbentuk layer baru. Klik layer tersebut kemudian Aturlah hasil paste dengan Move tool pada Toolbox.
ubuntu-6
7. klik kembali layer 1 kemudian Pilih kembali Polygonal Lasso Tool setelah itu buat seleksi seperti gambar dibawah ini.
ubuntu-7
8. Setelah seleksi terbentuk tekan lagi Ctrl + X untuk memotong hasil seleksi kemudian tekan Ctrl + V untuk mempastenya kembali maka di palet layer akan terbentuk layer baru. Aturlah hasil paste dengan Move tool pada Toolbox.
ubuntu-8

9. Pindahkan layer 3 keatas layer 2.
ubuntu-9
10. Di langkah ini kita akan menghapus sedikit bagian pada masing layer. Klik layer 3 kemudian pilih Eliptical Marquee Tool, buatlah seleksi seperti gambar di bawah ini kemudian tekan Del auntuk menghapus bagian yang telah terseleksi.
ubuntu-10
11. Lakukan langkah diatas pada layer 2 dan layer 1 maka kita akan mendapatkan hasil seperti dibawah ini.
ubuntu-11
12. Sampai langkah ini kita udah mendapatkan bentuk logo Ubuntu, tinggal sedikit penambahan maka logonya. Klik layer 1 lalu buatlah seleksi kembali dengan Eliptical Marquee Tool seperti gambar di bawah ini.
ubuntu-12
13. Ganti terlebih dahulu warna Foreground menjadi F44800 lalu buatlah layer baru diatas layer 1, kemudian tekan Alt + Backspace untuk mengisi warna Foreground yang telah di rubah. Setelah itu tekan Ctrl + D untuk meghilangkan seleksinya.
ubuntu-13
14. Lakukan langkah seperti diatas pada layer 2 buat layer baru diatasnya, dan layer 3 juga kita buat layer baru diatasnya dengan dengan ketentuan warna Foreground :
Layer 2 : fb8b00
Layer 3 : d40000
Maka kita akan mendapatkan gambar menjadi seperti ini.
ubuntu-14
15. Double klik layer 1 pada pallete layer, lalu lakukan pengaturan pada Color Overlay seperti gambar di bawah ini.

Sama seperti langkah diatas Double klik layer 2 lalu lakukan pengaturan pada Color Overlay seperti gambar di bawah ini.

Langkah terakhir Double klik layer 3 lalu lakukan pengaturan pada Color Overlay seperti gambar di bawah ini.

Sip deh Logo Ubuntunya sudah hampir jadi, tinggal mengganti background menjadi warna hitam.
Caranya ganti terlebih dahulu Foreground menjadi 000000 (hitam) lalu.
Klik Layer Background kemudian pilih paint Bucket Tool. Klik pada area kerja maka layer kerja akan menjadi warna hitam.
ubuntu-15
Hasilnya :
logo ubuntu

Tidak ada komentar:

Hormatilah Hak Cipta :)